News Update :

Era Digital Membuat Hidup Lebih Mudah

Friday 27 April 2012

Tidak bisa dipungkiri kemajuan teknologi membuat orang semakin mudah saja menjalankan aktifitasnya. Banyak hal yang bisa di bantu dengan alat alat yang canggih hanya dengan memakai sedikit tenaga untuk mengontrolnya. Lihat saja sekarang segala kegiatan dengan mudah dilakukan seperti belanja, komunikasi, transportasi dan lain lain.



Di era digital inipun juga mempengaruhi kehidupan saya. Apalagi ini bisa menunjang hobby saya yang memang suka pada dunia teknologi terutama elektronik. Mungkin dengan mengenang masa lalu maka akan tahu perubahan apa saja yang saya alami. Dulu, ketika masih di era tahun 1980 - 1990 an, saya belum mengenal apa itu listrik, apa itu lampu, apa itu PS, Video games. Saya hanya bisa menikmati penerangan memakai lampu "tintir", games cuma bisa main gangsing dari tanah ataupun ambil biji bijian buat main gundu. Tapi lihat di sekarang untuk listrik tinggal colok dan bayar, penerangan pun bisa dilakukan dengan memakai ponsel dengan hanya di sentuh layarnya, mainan pun begitu banyak PS, Xbox, Wii dan beberapa konsul game lain.



Jelas sudah dan tak bisa di pungkiri era digital bisa mengubah segala kegiatan seseorang dan tak terkecuali saya. Satu hal yang begitu mempengaruhi saya adalah Internet. Dari internet inilah saya menemukan dunia saya sendiri dan begitu asik berada di dalamnya. Dari internet pula saya bisa mengembangkan imajinasi, keinginan dalam mencari informasi. Jika di banding dulu misalnya sebelum ada internet, untuk mencari data sheet komponen elektronik misalnya, saya harus bertanya di beberapa toko dengan melihat buku setebal puluhan centi dan itupun belum tentu ada akan tetapi untuk sekarang tinggal cari di Search Engine biasanya langsung ketemu file PDF nya tidak usah pusing dan hanya melihat dari layar monitor.



Di beberapa tahun yang lalu pula. saya juga bisa mengembangkan sebuah karya yaitu membuat sebuah buku teknis, yaitu sebuah buku tutorial tentang pembuatan website. Segala sumber pengetahuan yang saya dapat yang termuat dalam buku tersebut saya pelajari sendiri dari internet. Mulai dari nol dimana saya tidak tahu tentang bahasa programing sampai bisa membuat sebuah buku dan beberapa software sendiri pun saya pelajari dari Internet. Beberapa masalah tentang komputer dan masalah hatipun bisa saya cari solusinya dari internet. Begitu banyak hal yang bisa saya dapatkan dari Internet, saya tidak tahu apa jadinya jika tidak ada era digital.



Saya mengantakan era digital membuat hidup lebih mudah, hal ini didasarai atas pengalaman sendiri kemungkinan andapun merasakannya juga. Sebagai contoh beberapa hal yang saya alami.



Artikel Editor Menu Google Translate
Gambar 1.1 Artikel Editor Menu Google Translate



  1. Dulu untuk mengartikan teks inggris ke bahasa indonesia atau sebaliknya saya harus membuka kamus dan mencari perkata namun sekarang hanya memakai aplikasi penterjemah sekali klik bisa diartikan dan tidak memerlukan pikiran serta waktu yang lama.

  2. Dulu untuk membaca artikel saya masih melihat buku atau layar monitor ber jam jam, namun sekarang semua jadi mudah karena perangkat bisa ngomong sendiri yang penting ada aplikasinya.

  3. Dulu saya harus bekerja keluar rumah untuk mendapatkan uang namun sekarang hanya mengandalkan fikiran dan tetap di rumah bisa menghasilkan uang dan malah melebihi yang keluar rumah

  4. Dulu saya harus keluar rumah untuk membeli sesuatu namun sekarang barang dari manapun bisa dibeli tanpa harus mengeluarkan tenaga, dan barangpun bisa sampai ke rumah sendiri.

  5. Dulu saya harus teriak teriak memanggil orang namun sekarang tinggal pencet nomer ponsel orang tersebut entah dimana posisinya pun saya bisa bicara dengan enaknya.

  6. Dulu ketika malam saya hanya bisa memakai obor untuk penerang jalan namun sekarang saya bisa jalan memakai penerangan dari lampu ponsel hanya dengan menyentuh layarnya.

  7. Dulu saya harus mencari koran untuk membaca berita namun sekarang hanya tinggal nyalain komputer koneksi internet bisa mengetahui berita dengan secepatnya

  8. Dulu saya untuk mengenal orang harus berpapasan dan ngobrol namun sekarang cukup dengan eksis disosial media maka dengan mudah mendapatkan banyak kenalan

  9. Dulu saya nonton TV harus bergabung dan berkumpul di satu tempat dengan warga satu desa kini hanya membuka koneksi Internet dan menikmati stream TV, itupun tak terbatas jumlahnya dan bukan hanya TV lokal Indonesia.



Begitu banyak hal perubahan yang saya rasakan karena adanya era digital. Dan yang memang terasa adalah belanja online. Bagaimana tidak, saya yang belum pernah melihat ataupun menginjak Amerika namun bisa membeli barang disana dengan mudahnya. Sayapun bisa memilih barang terbaik yaitu dengan membaca review review dari berbagai sumber dan bisa juga mencari harga termurah.



Pengalaman belanja online luar negeri ini terjadi di awal tahun ini, dengan memanfaatkan gift card hasil dari bonus affiliate yang saya terima dari salah satu toko online. Awalnya ini hanya mencoba, untung untungan saja, bisa nyampai syukur tidak bisa nyampai juga tidak apa-apa. Tahu sendiri kan proses bea cukai di Indonesia. Ternyata setelah menunggu kira kira 3 bulan barang yang saya beli tersebut akhirnya datang juga walaupun ada kerusakan. Kardus yang sudah robek, pengepakan yang jelek dan barangnya ada yang rusak. Tapi di terima saja buat pengalaman selanjutnya.



Berbeda sekali ketika saya belanja online dengan warga lokal Indonesia. Saya memang percaya orangnya tidak akan ada acara tipu menipu. Ternyata dalam 3 hari barang yang saya beli bisa sampai dengan selamat, walaupun tempat jasa layanan pengantar barang mempersulitnya. Dengan alasan ini itu, hp yang tidak bisa di SMS lah dan lain lain. Namun barang masih bagus dengan packing yang bagus pula.



Yang enak dari belanja online adalah tracking nya, jadi kita bisa mengecek keberadaan barang yang kita beli sampai dimana. Inilah manfaat adanya era digital, tinggal nyalain komputer koneksi internet, buka web penyedia jasa layana antar barang, masukan ID transaksi, muncul deh lokasi lokasi tempat mampir barang kita. Berbeda sekali jika kita di jaman dulu, boro boro ingin lihat lokasi tempat barangnya, seringnya nanya ke operator jasa layanan malah bikin emosi :p.



Era digital memang mengasikkan sesuatu yang dulunya sulit di gapai sekarang dipermudah. Semangat dan greget untuk menyalurkan hobby semakin mudah dan pengembangan imajinasipun semakin terarah. Semoga di kedepannya dengan kemudahan ini akan muncul ide ide baru yang akan membuat hidup lebih mudah tanpa harus melupakan bahwa kita adalah makluk sosial.

Share this Article on :

0 comments:

Post a Comment

 

© Copyright Informasi Dunia Terkini 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.