News Update :

Optimasi SEO On Page Web E-commerce

Wednesday 2 May 2012

Untuk kali ini saya akan sedikit menyinggung tentang optimasi SEO on page web e-commerce. Ini hanya catatan saya, yang bersumber dari beberapa website dan memang saya rasa ada benarnya juga. Nah daripada pusing ingin posting tentang apaan makanya saya mulai menuliskan tentang SEO on page.



Saya termasuk pemalas dalam hal SEO off page. Nyari backlink kesana kemari itu pekerjaan yang melelahkan. Entah ada tools pembantu atau tidak. Yang jelas masih ingin mengoptimalkan SEO on page di atas SEO off page. Namun kalau anda banyak waktu dan tidak malas wajiblah optimasi off page jika di perlukan.



Sebenarnya tidak banyak yang istimewa dari SEO on page entah itu website, blog, portal ataupun web e-commerce. Semua sama saja, lha tujuan yang dioptimasi sama, datapun juga sama berupa text HTML :D. Tapi mungkin sedikit perlakuan design yang berbeda. Saya akan sedikit fokus pada design web e-commerce dan juga teknisnya.



Keyword


Jelas keyword adalah cikal bakal optimasi. Tanpa keyword, apa yang akan di optimasi :D. Jadi jangan terlalu percaya sama tulisan jika keyword tidak penting. Mungkin kalau pemain sosial media atau artis, brand terkenal memang tidak perlu keyword akan tetapi untuk kita yang memang memulai dari nol dan membidik dari search engine jelas keyword adalah komponen terpenting.



Optimasi SEO On Page Web E-commerce

Sering saya melihat web e-commerce yang bertengger di puncak search engine terdapat review [ 6 ] dari pembeli / pemakai barang jasa. Nah setelah saya amati ternyata ini adalah komponen penting dalam membangun web e-commerce. Feedback yang di berikan customer tersebut sangat berguna selain mempengaruhi posisi barang yaitu buruk dan baiknya juga menyebabkan unik konten dari suatu halaman. Sehingga akan memperkaya keyword yang ada di halaman tersebut. Sama halnya dengan adanya tanya jawab di page tersebut.



Untuk Pengguna Blogspot


Anda hanya bisa memanfaatkan komentar di blog. Nah disini pintar pintarlah menggunakan fungsi querystring pada komenter. Anda bisa memanfaatkan innerHTML untuk design yang lebih enak di mata pengunjung.



Untuk optimasi keyword lain seperti meta title, deskripsi kayaknya semua sudah pada ngerti bagaimana optimasi yang baik untuk meta meta tersebut. Jadinya saya tidak menyinggungnya :D



Struktur


Hal ini seringkali cenderung orang fikirkan dengan design. namun kalau saya lebih ke struktur teknisnya yaitu tag tag yang membangun halaman tersebut. Struktur sediri ada beberapa hal. Head, header, artikel [ 3 ], sidebar, footer. Untuk optimasi on page akan fokus ke bagian head dan artikel. Walau komponen lain juga penting.



Di bagian head sendiri pasti sudah jelas meta meta yang penting dan perlu di masukan seperti title, deskripsi, keyword, verification, serta pendukung lain seperti link rel dan untuk meta lain gunakan sebijak mungkin. Jangan terlalu percaya meta yang seo friendly. Selanjutnya adalah posisi heading. Kalau saya hanya fokus ke H1-H3 dan kadang juga memakai H4. Dengan porsi H1 [ 1 ] cukup satu dan yang lain seperlunya saja.



Berlanjut lagi ke breadcrumbs [ 1 ], kadang orang bilang breadcrumbs tidak penting namun bagi saya jelas penting. Kalau tidak penting google tidak memasukannya dalam google site friendly di webmaster tools. Hal ini berhubungan dengan navigasi web. Dilihat dari sisi crawl dan pengunjungpun akan penting karena memudahkan browsing. Dan untuk Web E-commerce jelas akan sangat membantu user menemukan barang yang sejenis. Dan juga ada relasi produk [ 8 ] dengan judul dan thumbnail.



Untuk struktur design sebagai penunjang web e-commerce adanya video [ 7 ], adanya image ataupun link yang menandakan bahwa web anda dapat di percaya seperti pemasangan image pembayaran. Tidak lupa juga kontak yang bisa di hubungi seperti telephon [ 9 ], email ataupun akun untuk chat [ 5 ].



Satu hal yang sering dilupakan para pemilik Web E-commerce adalah rich snippet product maupun rich snippet over. Ini yang sangat jarang saya temui di Web E-commerce Indonesia. Entah memang tak sadar dengan fungsi ini atau memang belum tahu akan hal ini. Untuk rich snippet sendiri sangat penting terutama yang memang ingin optimasi dari search engine.



Faktor yang sangat penting lain adalah page speed. Kalau anda pemilik web dan tidak memperhatikan hal ini maka terima saja jika lambat laun pengunjung web anda akan berkurang apalagi jika penjual jasa dan barang tersebut bukan anda sendiri. Paling penting sebenarnya adalah optimasi image produk [ 2 ] , diharapkan dengan optimasi image bisa tampil dengan cepat karena ukuran file kecil dan bisa tampil dengan bagus. Bayangkan jika ukuran imege gede atau tampil jelek apa yang di rasakan pengunjung? :D

Share this Article on :

0 comments:

Post a Comment

 

© Copyright Informasi Dunia Terkini 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.